Tidak mungkin ada dari Anda yang tidak pernah menggunakan search engine atau mesin pencari. Mungkin Anda juga menemukan artikel ini dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing. Di artikel kali ini kami akan membahas semua tentang search engine, termasuk pengertian, cara kerja, SEO, dan macam-macam search engine atau mesin pencari selain Google.
Pengertian Mesin Pencari
Mesin pencari atau search engine adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet. Untuk menggunakannya, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari. Hasil halaman pencarian, biasa disebut search engine results page atau SERP, memberikan hasil kepada Anda dari konten yang paling relevan sampai tidak. Cara mesin pencari menentukan ranking memang berbeda-beda.
Mesin pencari juga suka mengubah-ubah algoritma untuk meningkatkan user experience. Setiap search engine bertujuan untuk mengerti bagaimana users menggunakan search engine dan memberi mereka jawaban yang terbaik untuk pencarian mereka. Dengan begitu, search engine bisa memberikan jawaban yang berkualitas tinggi dan paling relevan.
Cara Kerja Mesin Pencari
Mesin pencari menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh sudut internet. Hasil-hasil pencarian crawler ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet.
Sebagian besar mesin pencari akan memberi tahu Anda tentang cara meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dijaga dengan baik dan sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan. Tetapi dengan mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda dapat memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.
Search Engine Optimization (SEO)
Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri bisa diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan ranking website Anda di halaman hasil pencarian. Untuk mencapai ranking tinggi Anda perlu melakukan beberapa hal. Aktivitas ini terbagi menjadi dua yaitu strategi on-page dan off-page.
On-page SEO
On-page SEO adalah hal-hal yang berhubungan dengan apa yang ada di website Anda. Faktor-faktor yang mempengaruhi on-page SEO termasuk pengaturan teknikal, kualitas coding Anda, konten text dan visual, serta seberapa user-friendly website Anda.
Karena on-page SEO berhubungan dengan apa yang ada di website Anda, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengaturnya. Jika Anda membuat website yang bagus, website Anda akan mulai masuk peringkat Google. Selain itu, dengan fokus pada on-page SEO, Anda juga membantu strategi off-page SEO Anda sehingga kemungkinan website Anda mendapat peringkat tinggi juga lebih tinggi.
Baca juga: On-Page SEO: Anatomi Web Page yang Optimal
Lalu apa itu off-page SEO?
Off-page SEO
Off-page SEO adalah faktor-faktor SEO yang berasal dari luar website Anda. Misalnya, backlinks dari website berkualitas lainnya, social media, dan kegiatan marketing di luar website Anda. Jika Anda ingin fokus ke off-page SEO, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan backlink dari website lain sebanyak-banyaknya. Tetapi perlu diingat bahwa website yang menaruh URL ke website Anda harus website berkualitas. Semakin relevan link yang Anda dapatkan, semakin tinggi ranking Anda di Google. Ingin belajar lebih banyak tentang link-building? Anda bisa membaca artikel kami tentang Link Building dan Tier Backlink.
Baca juga: Off-Page SEO (Panduan Bagi Pemula)
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar